Aplikasi Membuat Game Tanpa Perlu Bisa Coding

Ingin membuat game tapi tidak mengerti bahasa pemrograman? Tidak perlu kecil hati, karena sekarang sudah banyak aplikasi yang bisa membantumu membuat game meski tanpa bisa coding. Kamu tetap harus menyediakan aset grafis dan suara sendiri, namun setidaknya aplikasi-aplikasi tersebut bisa meringankan beban kerjamu.
Tergantung dari game seperti apa yang ingin kamu buat, aplikasi pembantu yang harus kamu gunakan bisa berbeda-beda. Memang kamu tidak akan bisa membuat game super kompleks seperti Final Fantasy XV, tapi untuk game yang lebih sederhana, lima aplikasi di bawah bisa kamu coba.

TyranoBuilder Visual Novel Studio

 
 

TyranoBuilder Visual Novel Studio adalah salah satu aplikasi pembuatan visual novel paling populer saat ini. Dengan TyranoBuilder, membuat visual novel jadi semudah drag and drop aset dan teks di layar, layaknya menyusun slide presentasi di Microsoft PowerPoint. Karena tidak butuh coding, kamu jadi bisa fokus pada pembuatan cerita sebagus mungkin.
Meski bisa digunakan dengan drag and drop saja, TyranoBuilder juga menyediakan fitur scripting bernama TyranoScript untuk pengguna mahir. Visual novel yang kamu buat nantinya bisa kamu compile dan rilis untuk Windows, MacOS, iOS, Android, serta browser web yang mendukung HTML5.

Construct 2



Bila kamu ingin membuat game yang seru namun tidak terlalu rumit, Construct 2 adalah pilihan tepat. Construct 2 merupakan aplikasi pembuat game yang secara khusus fokus pada game 2D, seperti platformer, puzzle, atau shooter. Seluruh objek dan perilakunya di layar bisa kamu atur dengan antarmuka drag and drop yang intuitif dan mudah digunakan.
Kelebihan utama Construct 2 dibandingkan aplikasi lainnya adalah kamu bisa menggunakannya secara gratis untuk keperluan nonkomersial. Tapi bila ingin membuat game untuk dijual, kamu harus membayar lisensi tergantung dari berapa banyak keuntungan yang kamu dapat.

GG Maker

 


GG Maker cocok untuk kamu yang belum pernah melakukan coding sebelumnya, namun ingin bisa coding suatu saat nanti. Aplikasi ini bisa membantumu membuat beragam game, mulai dari platformer sederhana sampai RPG 3D yang rumit. Seluruh perilaku objek di layar bisa kamu atur menggunakan editor visual yang canggih, sesuai dengan desain permainan yang kamu mau.
Fitur menarik dalam GG Maker adalah alat yang disebut Graphically Assisted Scripting. Dengan fitur ini, logika yang biasanya harus diketik dengan bahasa pemrograman bisa kamu implementasikan secara visual dalam bentuk diagram alir. Penguasaan logika di Graphically Assisted Scripting akan membantumu memahami cara kerja coding sungguhan.

Clickteam Fusion 2.5


Mirip dengan GG Maker, Clickteam Fusion juga menyediakan editor drag and drop untuk membuat game 2D maupun 3D. Bila GG Maker menggunakan diagram alir untuk implementasi logika, Clickteam Fusion memiliki fitur editor event frame-by-frame layaknya pembuatan animasi dengan Adobe Flash.
Clickteam Fusion sudah banyak digunakan untuk membuat game komersial populer, contohnya Five Nights at Freddy’s, The Escapists, dan Angry Video Game Nerd Adventures. Tersedia juga Clickteam Fusion versi gratisan dengan fitur terbatas untuk kamu coba.

RPG Maker MV

 


Meneruskan seri RPG Maker yang sudah berusia dua puluh tahun lebih, Enterbrain kembali mengajak kita membuat RPG 2D sendiri lewat RPG Maker MV. Tidak peduli apakah kamu pemula yang sedang iseng, maupun developer profesional yang ingin membuat RPG dengan cerita epik, RPG Maker MV bisa memenuhi kebutuhanmu.
Versi terbaru RPG Maker ini menyajikan fitur Side View Battle layaknya seri Final Fantasy era SNES. Tampilan visual pun dirombak, dengan ukuran sprite lebih besar dan dukungan resolusi HD. Tersedia juga editor sprite dan ilustrasi, jadi kamu bisa membuat sebuah RPG utuh tanpa menggambar satu aset pun. Namun untuk tampilan yang lebih unik dan menarik, kamu tetap disarankan membuat aset sendiri.

Itulah lima aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat game di PC tanpa kemampuan pemrograman. Meski tidak perlu melakukan coding, bukan berarti membuat game lantas jadi semudah membalik telapak tangan. Kualitas aset audio visual, desain gameplay yang baik, serta cerita menarik tetap harus diperhatikan untuk membuat game yang berkesan dan layak main.
Perkembangan teknologi semakin lama semakin membantu pembuatan game. Tak jarang kita melihat ada game bagus dan sukses yang dikembangkan oleh tim kecil, bahkan satu orang saja. Jadi jangan ragu untuk membuat game milikmu sendiri. Siapa tahu, game buatanmu bisa jadi Stardew Valley atau Undertale berikutnya.

Sumber : tech in asia

0 Response to "Aplikasi Membuat Game Tanpa Perlu Bisa Coding"

Posting Komentar